A. Pengertian
Promosi
Promosi adalah upaya untuk
memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik
calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya
promosiprodusen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
B. Tujuan
promosi
a) Menyebarkan
informasi produk kepada target pasar potensial
b) Untuk
mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
c) Untuk
mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
d) Untuk
menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
e) Membedakan
serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
f) Membentuk
citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
g) Mengubah
tingkah laku dan pendapat konsumen.
1. Bauran
promosi
Bauran promosi adalah
penggunaan lebih dari satu alat promosi untuk menjamin tercapainya tujuan
promosi dan komunikasi antara konsumen dengan produsen. Alat promosi yang di
gunakan adalah periklanan, penjualan tatap muka, publisitas, promosi penjualan,
pemasaran langsung dan hubungan masyarakat.
a) Periklanan
(Advertising), yaitu bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai
media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
b) Penjualan
Tatap Muka (Personal Selling), yaitu bentuk promosi secara personal dengan
presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan
untuk merangsang pembelian.
c) Publisitas
(Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau
kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada
umumnya bersifat ilmiah).
d) Promosi
Penjualan (Sales promotion), yaitu suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk
diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
e) Pemasaran
Langsung (Direct marketing), yaitu suatu bentuk penjualan perorangan secara
langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.
f) Hubungan
Masyarakat (Public Relation and Publicity), yaitu untuk mempromosikan dan/atau
melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya.
2. Bauran
Iklan
Iklan adalah bagian dari
bauran promosi (promotion mix), dan bauran promosi adalah bagian dari bauran
pemasaran (marketing mix). That’s why tujuan periklanan tidak boleh menyimpang
dari tujuan pemasaran, malah harus mendukungnya.
TUJUAN PERIKLANAN
Tujuan periklanan umumnya mengandung
misi komunikasi. Perikalanan adalah komunikasi massa dan harus dibayar untuk
menciptakan kesadaran (awareness), menanamkan informasi, mengembangkan sikap,
atau adanya suatu tindakan yang menguntungkan bagi pengiklan.
3. Strategi Promosi
Strategi promosi penjualan adalah suatu
rencana kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan permintaan dari para pemakai
atau konsumen akhir yang bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan dengan
jalan mempengaruhi konsumen secara langsung. Sedangkan menurut cravens dalam
bukunya pemasaran stategis, (2002:77), strategi promosi penjualan adalah
perencanaan dan pengendalian komunikasi dari suatu organisasi kepada para
konsumen dan sasaran lainnya.
Tujuan
Utama Strategi Promosi Penjualan Produk:
a) Meningkatkan
volume
b) Meningkatkan
pembeli potensial
c) Meningkatkan
pembelian ulang
d) Meningkatlan
loyalitas
e) Memperluas
kegunaan
f) Menciptakan
ketertarikan
g) Menciptakan
kesadaran
h) Mengalihkan
perhatian dari harga
i) Mendapat
dukungan dari perantara
j) Melakukan
diskriminasi para pengguna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar