Selasa, 12 Januari 2016

Promosi Produk

A. Pengertian Promosi
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosiprodusen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

B. Tujuan promosi
a)    Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
b)    Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
c)    Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
d)    Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
e)    Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
f)     Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
g)    Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

1.  Bauran promosi
Bauran promosi adalah penggunaan lebih dari satu alat promosi untuk menjamin tercapainya tujuan promosi dan komunikasi antara konsumen dengan produsen. Alat promosi yang di gunakan adalah periklanan, penjualan tatap muka, publisitas, promosi penjualan, pemasaran langsung dan hubungan masyarakat.

a)    Periklanan (Advertising), yaitu bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

b)    Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), yaitu bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

c)    Publisitas (Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).

d)    Promosi Penjualan (Sales promotion), yaitu suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

e)    Pemasaran Langsung (Direct marketing), yaitu suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.

f)     Hubungan Masyarakat (Public Relation and Publicity), yaitu untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya.

2.  Bauran Iklan
Iklan adalah bagian dari bauran promosi (promotion mix), dan bauran promosi adalah bagian dari bauran pemasaran (marketing mix). That’s why tujuan periklanan tidak boleh menyimpang dari tujuan pemasaran, malah harus mendukungnya.

TUJUAN PERIKLANAN
Tujuan periklanan umumnya mengandung misi komunikasi. Perikalanan adalah komunikasi massa dan harus dibayar untuk menciptakan kesadaran (awareness), menanamkan informasi, mengembangkan sikap, atau adanya suatu tindakan yang menguntungkan bagi pengiklan.

3.   Strategi Promosi
Strategi promosi penjualan adalah suatu rencana kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan permintaan dari para pemakai atau konsumen akhir yang bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan dengan jalan mempengaruhi konsumen secara langsung. Sedangkan menurut cravens dalam bukunya pemasaran stategis, (2002:77), strategi promosi penjualan adalah perencanaan dan pengendalian komunikasi dari suatu organisasi kepada para konsumen dan sasaran lainnya.
Tujuan Utama Strategi Promosi Penjualan Produk:
a)    Meningkatkan volume
b)    Meningkatkan pembeli potensial
c)    Meningkatkan pembelian ulang
d)    Meningkatlan loyalitas
e)    Memperluas kegunaan
f)     Menciptakan ketertarikan
g)    Menciptakan kesadaran
h)   Mengalihkan perhatian dari harga
i)     Mendapat dukungan dari perantara
j)      Melakukan diskriminasi para pengguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar